peluang usaha oriflame

Tips Berbelanja Cermat


Tips Berbelanja cermat
Mengatur keuangan keluarga sudah semestinya dilakukan seorang ibu. Tapi, terkadang hal ini cukup membuat pusing. Apalagi di jaman serba mahal seperti sekarang. Menghemat keuangan wajib dilakukan. Salah satunya dengan berbelanja cermat.

Selain itu, memasak sendiri di rumah dan mengurangi jatah jajan di luar akan sangat membantu. Menurut Farah Dini Novita BA(Hons),RFA,CFP, Perencana Keuangan dari Janus Financial, memasak sendiri di rumah akan bisa menghemat hingga 50% ketimbang membeli makanan di luar. Apalagi jika anggota keluarga cukup banyak. Karena kecenderungannya, ketika pergi ke mal misalnya, Anda akan mudah tergoda untuk membeli jajanan, di luar tujuan semula, yaitu makan siang atau malam.

Tapi, penghematan itu akan berjalan maksimal jika Anda bisa berbelanja bahan makanan secara cermat. Seperti dijelaskan oleh Farah, perlu manajemen stocking makanan yang baik sehingga bahan makanan yang dibeli tidak menjadi sia-sia dan terbuang.

TIPS BERBELANJA CERMAT


Bagaimana caranya agar dalam berbelanja bahan makanan pun dapat hemat dan tidak menghamburkan uang? Berikut ini beberapa tips berbelanja cermat dan hemat yang dapat Bunda lakukan :

  • Tentukan berapa kali dalam sebulan Anda akan berbelanja. Untuk menghemat waktu dan agar bahan pangan tetap segar, Anda bisa menjadwalkan belanja bahan pangan tiga hari sekali hingga seminggu sekali.
  • Buat daftar belanja bahan pangan sesuai kebutuhan memasak Anda untuk beberapa hari ke depan.
  • Jangan mudah tergoda. Belanjalah hanya sesuai daftar belanja yang Anda miliki saat itu.
  • Bumbu dapur dengan masa expired yang lama, seperti garam, gula, bubuk cabai, dan penyedap rasa, bisa Anda stock dalam jumah terbatas. Misalnya, membelinya hanya pada saat belanja bulanan.
  • Untuk menjaga kesegarannya, bumbu dapur segar, seperti bawang merah dan cabai, beli sesuai kebutuhan memasak   dan tidak perlu membeli untuk disimpan.
  • Makanan olahan seperti sosis, nugget, dan bakso sebaiknya dibeli dalam jumlah terbatas. Simpan di dalam freezer agar tetap terjaga kualitasnya.
  • Hindari membeli sayur atau buah yang sudah dipotong. Sebab harganya lebih mahal. Agar lebih hemat, buah dan sayur sebaiknya dibeli dalam bentuk utuh.
  • Membandingkan harga. Ibu rumah tangga biasanya adalah orang yang sangat teliti dalam membandingkan harga barang kebutuhan rumah tangga. Dengan metode membandingkan harga ini, Anda jelas akan lebih bisa berhemat ketika belanja bulanan.
  • Jangan pergi berbelanja ketika lapar. Kita akan tergoda membeli, karena semua makanan di rak jadi terasa menggiurkan.
Demikian tips berbelanja cermat yang dapat Anda terapkan saat berbelanja bahan makanan. Semoga bermanfaat.

Tag : gaya hidup, Tips
0 Komentar untuk "Tips Berbelanja Cermat"

Leave your comments

Back To Top