logo blog
peluang usaha oriflame

20 Tanda-Tanda Awal Kehamilan

20 Tanda-Tanda Awal Kehamilan

20 Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Sering kali seorang wanita tidak menyadari kalau dirinya hamil. Bahkan, tak jarang mereka tahu kalau hamil ketika terjadi keguguran. Hal ini disebabkan karena kurang nya pengetahuan tentang tanda-tanda kehamilan. Kebanyakan wanita hanya berpegangan pada periode menstruasi nya saja. Padahal, tahukah Bunda, bahwa masih ada banyak tanda-tanda yang mungkin menunjukkan adanya kehamilan?

Ciri-Ciri Orang Hamil


Dengan mengetahui ciri-ciri hamil muda, maka kehamilan dapat dijalani dengan lebih sehat dan aman. Berikut ini beberapa tanda awal kehamilan yang umum terjadi pada wanita.

Membengkak nya payudara

Hal ini hampir mirip dengan gejala saat menstruasi. Payudara menjadi bengkak dan lembut. Selain itu, payudara menjadi lebih sensitive dan nyeri jika disentuh. Hal ini disebabkan karena payudara mulai mempersiapkan dan berisi ASI. Namun perlu dicatat, menurut ahli laktasi, Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB. Selain payudara yang membengkak, salah satu tanda lainnya adalah dengan area aerola warnanya menjadi lebih gelap.

Berubahnya bentuk tubuh

Selain perut, bagian tubuh lain seperti paha, dada dan pantat juga akan membesar secara alami. 

Sering buang air kecil

Janin yang tumbuh dalam rahim akan menekan kandung kemih. Hal ini menyebabkan Bunda akan sering merasa ingin buang air kecil. Hal ini wajar terjadi dalam masa kehamilan muda dan tua.

Merasa gampang lelah

Di masa awal kehamilan, Bunda biasanya akan merasa mudah capek. Sepanjang hari rasanya ingin bermalas malasan. Perubahan hormon progesterone mempunyai andil yang besar dalam hal ini. Masalah kadar gula darah dan tekanan darah juga dapat menyebabkan Bunda menjadi cepat lelah

Mual (Morning Sickness)

Meskipun disebut morning sickness, pada kenyataannya mual ini bisa datang kapan saja. Banyak wanita yang menyalah artikan dengan masuk angin. Padahal, rasa mual itu terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring Bunda memasuki trimester kedua kehamilan. Selain mual, Bunda juga merasa lebih sensitif pada bau tertentu. Sejumlah peneliti menduga, gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya.

Kram Perut

Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini, akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

Terlambat Haid

Terlambat datang bulan merupakan tanda yang nyata dalam kehamilan. Namun, terkadang terlambat menstruasi pun bukan hanya karena hamil. Faktor stress, diet dan kelelahan juga dapat menyebabkan terlambat haid.

Mood Gampang Berubah

Saat hamil, Bunda biasanya akan menjadi sensitive. Sebentar senang, sebentar marah hanya karena masalah sepele. Hal ini karena perubahan hormon yang drastis. 

Muncul bercak darah atau Flek

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi.

Pusing

Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.

Sembelit

Meningkatnya hormon progesterone saat hamil selain mengencangkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

Sering meludah (hipersalivasi)

Perubahan hormon estrogen membuat Bunda ingin sering-sering meludah. Hal ini wajar dan akan menghilang sendiri seiring bertambahnya usia kehamilan Bunda.

Naiknya temperatur basal tubuh

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

Sakit punggung

Bunda akan mengalami sakit punggung meski biasanya tidak. Jika Bunda benar hamil, biasanya hal ini akan menetap selama kehamilan.

Ngidam atau menolak makanan tertentu

Tanpa alasan yang jelas, mendadak Bunda sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan favorit Bunda. Atau sebaliknya, Bunda tiba-tiba tak tahan dengan makanan yang selama ini jadi kegemaran Bunda. 

Sensitif pada bau

Bunda tak tahan pada segala macam bau, terutama aroma makanan tertentu. Bahkan, tak jarang Bunda akan langsung mual, muntah dan pusing jika mencium aroma tertentu. Sebaliknya, bisa jadi Bunda tiba-tiba menyukai sebuah aroma yang biasanya membuat Bunda mual.

Gejala PMS

Bunda merasakan gejala PMS yang sama seperti yang Bunda rasakan setiap bulan. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi, kok belum haid juga, ya? Mungkin Bunda sedang hamil muda

Positif tes kehamilan

Hasil uji test pack menunjukkan tanda positif! Apakah itu artinya Bunda benar-benar hamil? Belum tentu! Bunda baru akan mendapat jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.

Ada janin yang berkembang di dalam rahim Bunda

Hasil USG ini yang dapat Bunda percaya. Jika USG menunjukkan ada janin yang berkembang di rahim Bunda, maka Selamat, Bunda hamil!

Tanda-tanda kehamilan di atas tidak mutlak terjadi pada semua wanita. Untuk itu, jika bunda mengalami tanda-tanda hamil muda seperti di atas, segera lakukan pemeriksaan test pack dan periksa ke dokter segera.

Share this:

Enter your email address to get update from Dunia Ibu dan Anak.

No comments

Leave your comments

Copyright © 2015. Dunia Ibu dan Anak - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger