About

25 November 2012

IUFD-Kematian Janin dalam Kandungan

IUFD(Intra Uterine Fetal Death) adalah kematian janin dalam kandungan yang terjadi saat usia kehamilan lebih dari 20 minggu dimana janin sudah mencapai ukuran 500 gram atau lebih. Umumnya kematian janin terjadi menjelang persalinan saat usia kehamilan sudah memasuki 8 bulan. 

Penyebab kematian janin pun ada bermacam-macam.Antara lain: 
  • Ketidak cocokan golangan darah, rhesus ibu dan bayinya
  • Gerakan bayi yang berlebihan
  • Berbagai penyakit pada ibu hamil
  • Kelainan kromosom 
  • Trauma saat hamil
  • Infeksi pada ibu hamil
  • Kelainan bawaan bayi 
Pada prinsipnya apabila sudah didiagnosa terjadinya IUFD dan sudah dipastikan dengan USG,bayi yang ada di dalam kandungan tersebut harus segera dikeluarkan.Meskipun tidak saat itu juga.Akan tetapi sebisa mungkin jangan sampai lebih dari 2 minggu karena akan berpengaruh pada kemampuan penggumpalan darah ibu.Sehingga kemungkinan pendarahan lebih banyak dan susah berhenti.
Selain itu juga untuk mencegah infeksi demi kesehatan sang ibu sendiri.

Proses melahirkan bayi yang sudah meninggal pun memakan waktu lebih lama daripada persalinan normal.karena,bayi yang sudah meninggal tidak lagi membantu memberi tekanan untuk keluar.Sehingga perlu diberi induksi rangsangan melalui obat.Baik diinfus maupun dipasang di rahim. 

Apabila saudara atau istri ada yang mengalami IUFD,hal yang bisa dilakukan oleh Anda antara lain:
-Sabar,dan jangan panik.
terkadang,karena tidak tahan sakit,ada yang meminta operasi pada dokter.Tetapi,demi kesehatan rahim si ibu,sebaiknya jangan dilakukan dan diusahakan lahir normal.
-Berikan dukungan moril.
Akan tetapi sebaiknya tidak terlalu banyak orang yang menjenguk si ibu yang mengalami IUFD pada saat sebelum melahirkan.Karena hal ini akan berpengaruh pada psikis di ibu.
-Percayakan pada dokter dan berserah kepada Allah.

diolah dari berbagai sumber.

0 comments:

Poskan Komentar

Leave your comments

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More