logo blog
peluang usaha oriflame

Kiat mengatasi anak yang Galak

Kiat mengatasi anak yang Galak


Bagaimana mengatasi anak yang galak? Anak-anak terkadang suka memukul temannya. Hal ini biasanya karena si kecil belum mampu mengekspresikan perasaannya. Perilaku anak yang galak seperti suka memukul dan menendang teman atau orang yang tidak disukainya kadang membuat Bunda kerepotan karena bisa jadi ia akan dijauhi oleh teman-temannya, perilaku ini membutuhkan arahan orang dewasa sehingga ia mampu mengalihkan ekspresi emosi pada sikap yang lebih bisa diterima oleh lingkungan. Di sini peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mengarahkan anak dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya. Tanpa arahan yang jelas dan tegas , anak semakin sering menampilkan perilaku tersebut.

Apa yang harus Bunda lakukan jika anak Bunda galak?


Berikut ini beberapa hal yang akan membantu Bunda menangani dan mengarahkan si kecil :

  • Amati tingkah teman-teman dan lingkungan sekitarnya. Adakah yang suka berlaku kasar? Jika ada, akan sulit menghilangkan kebiasaan memukul si kecil. Karena anak-anak cenderung meniru dan mengikuti apa yang dia lihat. Oleh karena itu, jauhkan si kecil dari orang-orang atau bahkan tontonan yang memperlihatkan kekerasan.
  • Perilaku kasar/galak bisa jadi didasari karena perasaan tidak nyaman dan tidak aman. Bunda harus berusaha menggali, apa yang menyebabkan anak Bunda bersikap galak. Hal ini akan membantu Bunda mengerti apa yang diinginkan anak.
  • Arahan yang tegas dan jelas, bila anak akan memukul katakan padanya “tidak boleh” dan jelaskan kalau dipukul itu sakit jadi kamu tidak boleh memukul. Biasanya pada anak usia 3 tahun keatas biasanya dia mulai mempertahankan keinginannya, oleh karena pada usia ini anak bila dilarang akan semakin terdorong utk melakukan. Daripada melarang anak lebih baik mengalihkan perhatiannya atau bersikap tegas dengan memberikan konsekuensi dengan tindakan, misalnya menghentikan aktifitasnya dan membuatnya diam sejenak di tempat yg berbeda.
  • Tangkap perasaan anak, misalnya dengan mengatakan : “kakak kesal yaa..sini nak peluk mamah…kakak cerita yaa apa yang bikin kamu kesal?” dengarkan anak cerita dan bilang padanya “iya mamah mengeri kenapa kamu kesal…tapi kamu tetap tidak boleh memukul teman kamu karna memukul itu membuat orang jadi sakit”. cara ini bisa mengajarkan anak untuk belajar cara menyampaikan perasaannya.
  • Ajari anak untuk berani mengeluarkan  perasaannya, kenali ia dengan kata tidak mau, tidak boleh, hentikan dan sebagainya.
  • Semarah apapun kita tidak dibenarkan memukul atau  mencubit sebagai cara mendisiplinkan anak karena anak akan semakin menyakini klu tindakan kekerasan itu wajar untuk menyatakan ketidak nyamanan, oleh karena itu tidak perlu malu untuk meminta maaf pada anak bila tindakan kita salah.

Dalam mendidik anak, tak cukup hanya dengan memenuhi kebutuhan materi nya saja. Tetapi kehadiran dan perhatian orang tua akan sangat mempengaruhi tingkah laku dan sifat anak.

Arahan dan didikan yang benar akan membuat anak menjadi anak yang baik dan penyayang. Semoga artikel ini berguna untuk Bunda dalam mengatasi anak yang galak :)

Share this:

Enter your email address to get update from Dunia Ibu dan Anak.
Copyright © 2015. Dunia Ibu dan Anak - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger