peluang usaha oriflame

Tips Memilih Mainan yang Tepat Untuk Anak

Tips Memilih Mainan yang Tepat Untuk Anak

Sudah sewajarnya kita, sebagai orang tua menuruti semua keinginan anak. Bahkan, tanpa diminta pun, kita sering kali membelikan berbagai barang terhadap anak. Tak terkecuali mainan. Namun, memilih mainan yang salah justru dapat berakibat buruk terhadap anak. Memilih mainan yang tepat, merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum Bunda memutuskan memberikan anak mainan.

Pada usia balita, anak-anak cenderung penasaran akan hal-hal baru. Hal ini akan sangat membantu perkembangan otak kanan dan kiri anak. Oleh karena itu, mainan yang baik akan membuat anak lebih bagus perkembangannya.

Mainan yang baik adalah mainan yang tidak hanya berfungsi untuk dimainkan, tetapi memiliki nilai edukatif yang dapat membantu mengasah otak kanan dan otak kiri anak agar dapat membantu kecerdasan anak dalam berfikir.

Sedangkan mainan yang aman adalah mainan yang tidak berbahaya bagi anak balita jika dimainkan, sebaiknya mainan tersebut tidak memiliki bagian yang tajam dan akan melukai anak. Serta mainan tidak memiliki bagian kecil yang dapat tertelan oleh anak, karena akan membahayakan kesehatan balita.

Bagaimana Cara Memilih Mainan untuk Anak?


Berikut ini beberapa tips yang dapat Bunda lakukan dalam memutuskan membeli mainan Anak berdasarkan Usia

Mainan anak usia 0-12 bulan


Pada usia 0-6 bulan, anak sangat tertarik terhadap bunyi-bunyian dan warna. Pilihlah mainan yang berbunyi dan berwarna mencolok.

Tetapi pengelihatan anak baru berjarak kurang kebih hingga 30 cm. Jadi pada saat memainkan suatu mainan kearah bayi, jangan terlalu jauh da juga jangan terklalu dekat. 

Pada saat usia 6 sampai 12 bulan anak sudah dapat merangkak, measakan sesuatu dan juga tengkurap jadi lebih efektif jika membelikan mainan yang memiliki tekstur yang bermacam macam dari lembut hingga kasar agar anak dapat mendefinisikan suatu permukaan.

Tapi, harus Bunda ingat, belikan mainan yang tidak berbahaya dan tetap awasi putra dan putri Bunda. Karena anak-anak usia 6-12 bulan biasanya mulai senang memasukkan barang ke mulutnya.

Jangan berikan mainan atau benda yang kecil untuk mengurangi resiko mainan tertelan anak.

Saran mainan : kotak musik yang akan membantu menemaninya saat bunda tinggal sebentar atau boneka yang lembut, bola yang dapat dikejar anak yang senang merangkak.

Usia 1 tahun


Pada umur 1 tahun, si anak sudah dapat berjalan tanpa bantuan baik itu ke arah maju dan mundur walaupun masih belum teratur dalam melangkah. 

Terkadang ia sangat senang memutari suatu ruangan dengan berlari dan bermain, serta pada usia ini sang anak juga sudah mahir dalam memindahkan dan meletakan suatu barang. Jadi mainan yang cocok untuk anak usia 1 tahun adalah mainan yang berupa benda yang dapat disusun dengan warna yang berbeda supaya sang anak mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah antara memilih warna.

Saran Mainan Yang Baik : Balok warna warni berbentuk segitiga atau persegi yanh dapat disusun dengan mudah.

Usia 2 tahun


Pada saat anak di usia 2 tahun, pada umur ini anak sudah dapat berjalan dengan lancar dan juga berlari tanpa ragu sedikitpun, mereka juga sudah dapat memanjat kursi dan melompat lompat, ucapan ucapannya juga sudah mulai jelas untuk didengar.

Selain itu ia juga sudah dapat menulis walaupun hanya dapat mencoet coret dan tulisannya tidak begitu jelas dibaca, namun and dapat mengejarinya sedikit demi sedikit mengenai angka dan tulisan.

Saran Mainan Yang Baik : Bola ringan yang dapat memantul, dan buku gambar beserta pensil warna

3 tahun ke atas


Umur anak yang sudah cukup besar untuk diberikan mainan adalah umur 3 tahun keatas, di umur ini anak lebih aktif dalam melakukan sesuatu dan lebih tertarik untuk mengeksplorasi atau menjelajahi suatu ruang lingkup yang dia rasa menyenangkan.

Mainan yang sangat dianjurkan pada umur ini adalah mainan yang berfungsi sebagai alat penyeimbang tubuh yang menyenangkan serta melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri.

Saran Mainan Yang Baik : Sepeda dengan roda bantu , mainan bongkar pasang seperti lego dan puzzle.

Selain itu, yang terpenting adalah temani saat anak bermain. Selain untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, menemani anak bermain akan memperkuat bonding atau ikatan antara Bunda dan balita. Anak akan merasa aman dan diperhatikan.

Demikian tips memilih mainan yang baik dan aman untuk anak-anak. Semoga tips ini bermanfaat ya Bunda.

Share jika Artikel ini bermanfaat :)

Tag : anak-anak, Tips
0 Komentar untuk "Tips Memilih Mainan yang Tepat Untuk Anak"

Leave your comments

Back To Top