peluang usaha oriflame

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

Bunda suka jengkol? Jengkol memang mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Tapi, tak jarang jengkol mengeluarkan bau menyengat yang tak sedap. Sehingga, banyak orang yang lebih memilih untuk menghindarinya. Banyak cara dan resep untuk menikmatinya. Dari dimasak semur, rendang, gulai dan bahkan ada pula yang senang menyantapnya mentah sebagai lalap. 

Jengkol memang mempunyai banyak vitamin seperti vitamin A vitamin B, vitamin C, fosfor, kalium, protein dan berbagai zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Namun dibalik itu makan jengkol juga memiliki resiko jika dimakan terlalu banyak karena mengandung zat kapur. Selain itu bau jengkol juga bisa mengganggu orang di sekitar. 

Bagaimana Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau? 


Bau jengkol yang menyengat ini sebenarnya dapat dihilangkan tanpa harus merubah rasa jengkol itu sendiri lho Bunda. Ada teknik khusus yang bisa digunakan untuk memasak jengkol agar bau jengkol bisa dinetralisir dan semakin banyak orang yang bisa menikmati jengkol. 

Sebenarnya memasak jengkol agar tidak bau itu terletak pada cara pengolahannya. Jika pengolahannya benar dan tepat, niscaya bau jengkol akan hilang namun tidak mengurangi kenikmatannya. 

Berikut ini beberapa tips yang dapat Bunda lakukan untuk menetralisir bau jengkol yang menyengat : 

Dengan Irisan daun jeruk 
Masukkan irisan daun jeruk saat merebus jengkol sebelum dimasak. Aroma daun jeruk akan membantu mengurangi bau jengkol 

Dengan daun salam 
Caranya adalah dengan merebus jengkol bersama dengan daun salam sebelum di masak. Namun, jangan memasukkan daun salam terlalu banyak ya Bun. Daun salam akan membuat jengkol terasa getir jika Bunda kebanyakan memasukkannya. 

Dengan Air Kapur 
Cara lain untuk menghilangkan bau jengkol ketika dimasak adalah dengan merendam jengkol dalam air kapur satu malam sebelum diolah. Cara ini juga dapat menetralisir bau jengkol tanpa mengurangi kelezatannya. 

Jengkol memang merupakan makanan lezat. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi jengkol ya Bunda. Demikian tips cara menghilangkan bau jengkol yang dapat Bunda praktekkan. Semoga berhasil.
Tag : resep, Tips
2 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bau Jengkol"

Thaks amdin for the sharing. Good tips. Anyway, free2 jemput datang ke blog i untuk info2 kekal fit dan slim.

>>> Slim & Fit Semulajadi!<<<

Klo aku minum teh tawar juga bisa hilang kak :)

Leave your comments

Back To Top