peluang usaha oriflame

3 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Cepat

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Cepat

Sebagian orang mencari cara agar bisa kurus. Namun, sebagian lain justru terlalu kurus dan mencari cara agar cepat gemuk. Sebagian orang memang memiliki metabolisme yang tinggi sehingga makanan dicerna lebih cepat dan kalori terbakar lebih banyak. Dari semua makanan yang masuk, sebagian besar diolah menjadi energi dan hanya sedikit yang disimpan sebagai lemak dan otot.

Penyebab Orang Terlalu kurus dan susah gemuk


Sebelum Anda mencoba berbagai cara menambah berat badan, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan orang menjadi terlalu kurus dan sulit mendapatkan berat yang ideal.

1. Faktor Genetik

Jika dalam keluarga Anda banyak yang susah gemuk, maka mungkin Anda juga mengalaminya. Namun, bukan berarti tak mungkin menjadi gemuk. Hal ini bisa saja terjadi dengan kemauan dan usaha yang ekstra.

2. Kurang Gizi

Kekurangan asupan Gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, akan membuat tubuh menjadi kurus dan sulit untuk mencapai ideal. Apalagi jika ditambah dengan kurang berolahraga sehingga penyerapan nutrisi makanan tidak optimal.

3. Gaya Hidup tidak teratur

Kurang tidur dan kurang minum air putih pun bisa menjadi salah satu penyebab sulit gemuk. Kesalahan pola hidup termasuk dalam mengatur waktu tidur dan jumlah konsumsi air putih harus benar-benar Anda perhatikan supaya bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Selain itu kebiasaan suka mengonsumsi alkohol juga berpotensi besar menyebabkan sulit gemuk, kecuali bagi orang yang memang sudah bertubuh gemuk. Dan faktor penyebab lain yang memungkinkan Anda menjadi sulit gemuk adalah kondisi pikiran stres yang berlebih sehingga terkadang Anda akan kehilangan nafsu makan Anda.

Tips Menambah Berat Badan Secara Alami dan Cepat


Ubah Pola hidup anda agar mencapai berat yang ideal. Untuk itu, Anda bisa menggunakan tips-tips berikut sebagai cara cepat menambah berat badan:

Atur Pola Makan


  • Tingkatkan interval makan dalam satu hari. 


Makanlah lebih sering dalam satu hari. Hal ini juga akan membantu bagi Anda yang tidak nafsu makan. Lebih baik makan lebih sering dengan porsi sewajarnya.

Siapkan juga cemilan sehat berkalori tinggi seperti kacang-kacangan, selai kacang, buah-buahan kering, keju, dan apokat. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan susu rendah lemak atau jus. Jangan lupa memberi jeda untuk minum 30 menit sebelum atau sesudah makan, karena minum saat makan justru akan membuat Anda cepat kenyang.

  • Perbanyak asupan lemak sehat


Lemak memang membantu dalam mencapai tubuh ideal. Namun demikian, bukan berarti Anda bebas mengkonsumsi lemak apapun. Karena bisa jadi bukan hanya lemak saja yang ANda dapat, tetapi juga penyakit.

Konsumsi lemak baik yang biasanya terdapat pada kacang-kacangan, minyak zaitun, dan apokat. Jauhi lemak jenuh atau jahat yang ada dalam makanan olahan seperti gorengan, es krim, dan makanan siap saji.

  • Perbanyak konsumsi protein


Protein diperlukan untuk meningkatkan massa otot sehingga berat badan bertambah. Protein juga merupakan salah satu zat pembentuk sel-sel otot, tulang, kulit, rambut, dan darah. Cobalah untuk menambah konsumsi protein dalam diet Anda dengan mengonsumsi makanan seperti daging, keju, susu, ikan, dan telur. Bagi Anda yang vegetarian, protein juga dapat ditemukan dalam produk kedelai seperti tahu dan tempe, serta polong-polongan.

  • Pilih makanan berkarbohidrat kompleks


Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Karbohidrat diperlukan untuk membentuk otot dan menunjang fungsi penting organ-organ tubuh. Pilihlah karbohidrat kompleks yang bisa didapatkan dari gandum utuh, beras merah, ubi, dan oat.

Kurangi sumber karbohidrat sederhana seperti nasi putih, kue, gula pasir, dan permen karena kemungkinan besar akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Karbohidrat sederhana ini lebih cepat diubah menjadi glukosa sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Jika dikonsumsi berlebihan, risiko terkena diabetes bahkan bisa meningkat.

  • Makan di malam hari


Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang makan cemilan setelah pukul 8 malam akan memiliki indeks massa tubuh yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak. Padahal, total kalori harian yang mereka konsumsi tidak jauh berbeda. Belum diketahui faktor pasti yang mempengaruhi hal ini. Namun, waktu diduga menjadi salah satu variabel yang paling relevan.

Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk langsung tidur setelah makan karena lemak akan lebih mudah tertimbun. Tidur setelah makan juga dapat meningkatkan kadar asam lambung, menimbulkan rasa panas di dada dan tenggorokan, hingga meningkatkan risiko terkena stroke.

  • Makan Teratur

Meski Anda dianjurkan untuk makan lebih banyak, namun, hal ini harus dilakukan dengan teratur. Buatlah jadwal kapan Anda harus makan, dan tidak boleh dilewatkan.

  • Kunyah Makanan Sampai Halus


Selain jadwal makan teratur, ada hal lain lain lagi yang perlu diperhatikan tentang makanan, yaitu mengunyah makanan sampai halus. Mungkin kegiatan ini terasa sangat membosankan dan kelihatan sepele, tetapi hal ini sebenarnya cukup penting. Melakukan hal ini akan cukup membantu mempercepat proses penambahan berat badan Anda. Hal ini dikarenakan makanan yang dikunyah secara halus dapat lebih mudah dicerna oleh perut dan gizinya segera diserap tubuh, apalagi jika Anda mengonsumsi jenis makanan yang keras dan berserat seperti daging misalnya.

  • Perbanyak Minum Air Putih


Air adalah komponen utama dalam tubuh kita, tubuh perlu banyak air untuk dapat berfungsi secara optimal, dan orang yang kekurangan berat badan biasanya kekurangan air dalam tubuh. Cobalah untuk memperbanyak minum air, minimal 8 gelas sehari. Sepertinya sangat sepele dan sederhana, namun dengan terpenuhinya kebutuhan air pada tubuh akan membuat lebih berisi dan berat badan akan naik, selain tentunya tubuh menjadi lebih sehat.

Olahraga


Selain Pola makan, olahraga juga sangat berpengaruh untuk menaikkan berat badan.

  • Tingkatkan massa otot


Olahraga sangat penting bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan karena otot memiliki bobot yang lebih tinggi dibandingkan lemak. Fokus pada olahraga angkat beban atau body building agar massa otot bertambah. Anda juga dapat melakukan push up, crunces, atau squat jump di rumah sambil menonton televisi di waktu senggang. Berolahraga juga membantu meningkatkan rasa lapar dan menambah nafsu makan Anda.

  • Tingkatkan intensitas latihan


Cobalah untuk meningkatkan intensitas latihan Anda secara bertahap. Otot Anda akan semakin terbiasa melakukan latihan yang semakin sulit. Meski demikian, hindari berolahraga terlalu keras karena dapat menimbulkan cedera otot dan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

  • Batasi gerak tubuh


Kalori di dalam tubuh akan semakin banyak terbakar seiring dengan meningkatnya aktivitas Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk sedikit bersantai dan membatasi gerak. Namun, bukan berarti Anda tidak berolahraga sama sekali. Jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga angkat beban untuk menambah massa otot dan membakar lemak visceral yang tak terlihat pada arteri Anda.

Pola Hidup Sehat


  • Mengatur Waktu Tidur


Tips menggemukkan badan secara alami selanjutnya adalah dengan mengatur waktu tidur Anda setiap harinya. Terlalu sering begadang atau tidur terlalu larut malam ternyata juga bisa menghambat penambahan berat badan. Jika bukan melakukan hal yang benar-benar penting, hindari tidur terlalu larut malam, atau bisa juga lakukan kegiatan tersebut kesokan harinya. Cobalah untuk mengatur jadwal keseharian secara lebih baik sehingga ada waktu untuk tidur lebih awal.

  • Pola Hidup Sehat


Langkah terakhir yang sebaiknya dilakukan adalah mengubah pola hidup Anda menjadi pola hidup yang lebih sehat. Cobalah untuk introspeksi diri apakah selama ini pola hidup Anda sudah sehat atau justru berantakan. Jika serius ingin menggemukan badan, maka cobalah untuk menghentikan segala jenis aktivitas kebiasaan buruk Anda seperti merokok atau mengonsumsi alkohol. Kemudian imbangi dengan berolahraga secara rutin supaya kesehatan tubuh Anda juga bisa terjaga dengan baik.

Semoga tips diatas berguna bagi Anda yang ingin menggemukkan badan. Share artikel ini sekiranya bermanfaat :)
Tag : gaya hidup, Tips
1 Komentar untuk "3 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Cepat"

Thanks info nya kak, aku mau tanya juga klo di barengi dengan olah raga spt angkat beban/lari bisa gemuk juga gak ?

Download film free

Leave your comments

Back To Top