peluang usaha oriflame

Bahaya Merebus Botol Susu bayi

Merebus botol susu bayi sering kali dilakukan oleh para ibu.Padahal,kebiasaan tersebut berbahaya loh buat kesehatan bayi.Botol dan dot bayi memang sudah seharusnya disterilkan terlebih dahulu sebelum dipakai.Namun,bukan dengan merebusnya.

Karena kebanyakan botol susu bayi terbuat dari plastik jenis Polikarbonat (PC).Jika direbus ada kemungkinan plastik ini akan melepaskan residu senyawa kimia yaitu Bisfanol yang menimbulkan bahaya Endocrine Disrupter yang menganggu sistem hormon tubuh.Informasi ini didapat dari Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).Mustofa.

Jadi apa sebaiknya yang kita lakukan?Berikut ini tips dalam memilih dan merawat botol dan dot bayi.
  1. Dot bayi berukuran kecil memiliki lubang yang lebih kecil, sehingga tetesan susunya tidak membuat bayi Anda yang masih sangat kecil tersedak. Tetesan yang baik untuk bayi yang baru lahir adalah sekitar 1 tetes/detik ketika botol dalam keadaan terbalik.
  2. Pilihlah dot yang nyaman untuk bayi Anda. Dot yang bentuknya menyerupai payudara merupakan pilihan utama, untuk mengurangi perbedaan bentuk mulut si bayi antara menggunakan dot dan ketika ia menyusu langsung dari Anda.
  3. untuk membersihkan botol susu bayi sebaiknya cukup dibilas air mendidih beberapa saat.
  4. Botol susu juga sebaiknya tidak dicuci dengan sikat yang keras yang dapan menggores bagian dalam botol sehingga melepaskan senyawa berbahaya.
  5. Waspadai jika botol susu sudah berubah menjadi buram, bisa jadi bagian dalamnya sudah tergores, lebih baik botol susu bayi diganti setiap beberapa bulan sekali.
 

2 Komentar untuk "Bahaya Merebus Botol Susu bayi"

jadi gak ada dot yang plastik atau bahan lain yg aman tnpa resiko ksehatan ya. kalo dot dari bahan beling ada ga??.anak saya masih ngedot dan dirumah ada punya 6,dot. untuk berganti ganti karna males kalo tiba2 minta susu harus cepat dia gak mau nunggu saya nyuci dot. menarik sekali baca blog anak ibu saya baca sejak saya punya anak karna jadi kbutuhan saya.

info yang sangat berguna, tapi kalau di steam menggunakan bottle steamer masih aman kan ya?

kunjungin web aku ya: http://kiddibitsy.com

Leave your comments

Back To Top