peluang usaha oriflame

Perlengkapan Bayi Baru Lahir


Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Banyak orang tua yang belum mengetahui perlengkapan bayi apa saja yang perlu disiapkan sebelum lahir. Terutama para orang tua baru yang belum mempunyai pengalaman sama sekali. Padahal, penting sekali pengetahuan tentang hal ini. Jika tidak, orang tua akan sangat direpotkan dengan berbelanja perlengkapan bayi baru lahir ini. Padahal saat itu, orang tua pasti sibuk mengurus bayi nya.

Apa Saja Yang Dipersiapkan Sebelum Bayi Lahir?


Ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan jauh hari sebelum bayi lahir. Berikut ini beberapa perlengkapan bayi yang harus Anda ketahui :

  • Popok dan pampers. Jelas ini adalah kebutuhan pokok. Karena bayi baru lahir minum ASI atau susu setiap 2 jam sekali. Otomatis bayi akan sering kencing dan BAB. Jadi, popok wajib ada. Selain itu kaki bayi yang masih mungil lebih baik memakai popok daripada celana. Sebaiknya pilih popok dari bahan katun yang adem dan menyerap keringat. Selain nyaman, harga nya juga lebih hemat.
  • Perlengkapan Baju Bayi. Untuk daerah panas, lebih baik pilih baju bayi tanpa lengan atau lengan pendek. Baca juga artikel Tips memilih baju bayi yang tepat.
  • Kain bedong. Kain bedong sebenarnya tidak disarankan oleh dokter. Tetapi kain bedong akan sangat membantu saat udara dingin. Bayi tidak perlu dibedong sampai kencang seperti yang dilakukan orang-orang jaman dulu. Cukup dibedong longgar agar hangat.
  • Topi, dan sarung tangan dan kaki. Menggunakan topi, sarung-tangan dan kaki fungsinya sama dengan bedong. Terlalu lama menggunakan sarung tangan dan kaki juga kurang bagus untuk perkembangan motoriknmya. Pantau selalu kuku bayi agar jangan sampai panjang dan menggores kulitnya.
  • Alas tidur dan bantal bayi.
  • Perlak atau alas ompol. Bayi sering kali mengompol. Gunakan alas ompol atau perlak untuk menghindari ompol sampai di kasur atau seprei.
  • Gendongan bayi.
  • Kapas. Digunakan untuk membersihkan kotoran bayi saat BAB.
  • Perlengkapan mandi. Bayi membutuhkan perlengkapan bayi seperti sabun dan sampo yang berbeda dengan orang dewasa. Kulit bayi yang rentan dan masih sensitive tentu saja berbeda kondisi dengan kulit orang tuanya. Gunakan sabun dan Sampo khusus bayi.
  • Kelambu. Jika di daerah Anda banyak nyamuk, gunakan kelambu untuk melindungi tidur bayi Anda. Siapkan kelambu sebelum bayi lahir agar Anda tidak repot mengusir nyamuk.

Demikian beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang wajib Anda miliki jauh sebelum bayi lahir. Menyiapkan perlengkapan ini dapat dilakukan setelah kandungan usia 7 bulan ke atas.

Tag : bayi, parenting, Tips
1 Komentar untuk "Perlengkapan Bayi Baru Lahir"

kalau nadya dari awal 1 bulan ampe skrg mau 1 taun udah pake pokana popoknya lucu gambarnya tuh stylish banget apalagi sekarang ada warna pink dia jadi suka banget malahan dimaenin mulu sama dia karena ada di plastickin lagi di setiap popoknya jadi aku gak khawatir kalaupun di maenin sama dia keren loh mom ada plasticknya lagi didalem kemasannya.

Leave your comments

Back To Top