peluang usaha oriflame

Cara Alami Mengobati Batuk Pada Bayi

Cara Alami Mengobati Batuk Pada Bayi

Saat si kecil sakit, pasti semua ibu akan merasa khawatir. Apalagi jika buah hati masih termasuk balita. Jika bayi bunda masih ASI, berikan ASI sesering mungkin. Hal ini akan membantu penyembuhannya. Namun, bagaimana jika sudah tidak ASI?

MENGATASI BATUK PADA BAYI SECARA ALAMI

Berikut ini ada beberapa cara mengobati batuk si kecil secara alami.
  • Uap
Uap dapat membantu melancarkan penyumbatan pada lubang hidung. Cara termudah adalah dengan menkondisikan kamar mandi menjadi kamar mandi uap. Nyalakan air panas di kamar mandi sehingga menghasilkan uap. Tutup pintu dan duduk dengan anak Anda di dalam selama kurang lebih 15 menit. Anda bisa melakukan terapi ini dua kali sehari.
  • Madu dan lemon
Kedua bahan ini dapat membantu mengurangi penyumbatan pada hidung sehingga bayi bisa bernafas. Campuran madu dan lemon memberikan bantuan pada tenggorokan, dan membunuh infeksi. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh madu dan lemon ke dalam air hangat.
  • Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah yang baik untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan mencampurkan sejumput bubuk kunyit pada susu dua kali sehari.
  • Minyak pijat
Pemijatan lembut pada dada bayi menggunakan campuran minyak zaitu dan minyak essential akan membuat bayi lebih mudah bernafas. Anda dapat menggunakan minyak essential yang sehat seperti kayu putih, rosemary, dan minyak peppermint.

Tips di atas merupakan salah satu cara mengobati batuk pada bayi secara alami, namun jika batuk tak kunjung sembuh dan menemui gejala seperti demam tinggi, sulit bernafas hingga pada kondisi bibir membiru segera bawa Anak ke dokter atau rumah sakit untuk penanganan secara medis. Baca juga artikel mengatasi demam pada bayi.

Batuk seringkali menyerang saat musim hujan. Sebagai pencegahan, ibu harus memperhatikan kesehatan anak di musim hujan. Simak ulasaannya di menjaga kesehatan anak saat musim hujan.
7 Komentar untuk "Cara Alami Mengobati Batuk Pada Bayi"

saya pernh baca artikel kl sebenernya batuk pilek pada anak itu bisa sembuh sendiri. tp kl mau diobatin emang baiknya yg alami aja

bener bgt
madu dan lemon dapat membantu mengurangi penyumbatan pada hidung sehingga bayi bisa bernafas
coba aja deh

membantu sekali...
trima kasih

kalo terpi uapnya dgn menghirup uap air panas di baskom sama aja gak?

untuk terapi penguapan kira-kira berapa suhu yang disarankan agar sumbatan di hidung anak bisa diatsi

wah Membantu sekali. makasih ya infonya

mampir ya ke http://pondokibu.com/

sangfat bagu untuk dipraktikan

Leave your comments

Back To Top