About

24 Desember 2012

Tips Mengajarkan Sopan Santun Pada Anak

Mengajarkan sopan santun pada anak,merupakan kewajiban semua orang tua. Ibarat pepatah "Buah tak jatuh jauh dari pohonnya" Begitu juga perilaku anak kita. Anak yang sopan pasti akan dihargai oleh semua orang yang secara tidak langsung pasti mengaitkannya dengan orang tua anak tersebut.

Akan tetapi,mengajarkan sopan santun pada anak tidak mudah.Ada kalanya anak membangkang atau susah diatur. Nah,berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengajari anak sopan santun berperilaku :
  • Mulailah dengan kata-kata sederhana
Mulailah ajari anak-anak untuk mengatakan kata-kata sederhana seperti “terima kasih” kepada orang yang memberinya pertolongan atau hadiah. Mengajarkan mereka dengan ucapan “tolong” saat butuh bantuan seseorang. Kata “maaf” saat melakukan kesalahan dan “permisi” saat lewat di depan orang. Lakukan hal tersebut, jika Anda sedang bersama anak dan memperhatikan tingkah mereka.
Cara yang paling ampuh mengajari anak adalah dengan memberi contoh.Anak cenderung akan meniru perilaku yang sering dia lihat.Jadi berlakulah sopan santun maka anak Anda akan menirunya.
  • Perlakukan anak dengan baik dan lembut. 
Ajarkan mereka dengan hal-hal yang baik atau biasakan mengucapkan kata-kata baik di sekitar mereka. Misalnya, “sepertinya ada yang lupa ya nak?” atau “bilang apa ke ayah dan ibu?” dengan kata-kata yenga lembut tersebut akan membuat anak mengingat hal yang mereka ucapkan.
Selain memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, Anda juga dapat menggunakan media seperti film, buku atau lainnya untuk mengingatkan anak selalu sopan santun saat berbicara dengan orang
  • Beri Pujian
Beri pujian tiap kali anak berlaku sopan,misal dengan mengatakan pintar dsb.Hargai apa yang telah ia lakukan dengan pujian.

Anak yang sopan merupakan dambaan setiap orang tua.Akan tetapi selain  pengajaran yang intens dari orangtua, Anda juga harus memperhatikan lingkungan bermain anak, karena akan berpengaruh pada sikapnya.

0 comments:

Poskan Komentar

Leave your comments

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More