logo blog
peluang usaha oriflame

Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Dongeng sebelum tidur,meskipun sederhana ternyata mempunyai banyak manfaat untuk anak-anak.Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap perkembangan anak.Antara lain: 
  • Merangsang imajinasi & kreativitas
Sebelum tidur, biasanya anak berada dalam kondisi yang sangat rileks dan suasana yang santai. Hal tersebut sangat mendukung anak dalam membayangkan setting cerita pada dongeng yang dibacakan kepada mereka. Anak kemudian membebaskan imajinasinya seluas mungkin sehingga kemampuannya dalam membayangkan sesuatu semakin baik (seperti tokoh fiktif Sherlock Holmes yang memiliki kemampuan imajinasi yang luar biasa).Sejalan dengan itu, kreativitas anak pun akan berkembang. Dalam dongeng, anak diberi kebebasan dalam membayangkan cerita, tidak harus sama dengan apa yang ditangkap oleh orangtua. Bisa saja setiap anak memiliki hasil tangkap yang berbeda-beda terhadap isi cerita. Selama itu tidak terlalu jauh dari inti cerita, maka masih bisa dimaklumi karena imajinasi anak-anak memang tidak terbatas.
Di sisi lain, imajinasi dan kreativitas orangtua juga bisa meningkat, yakni dengan mengimprovisasi (cara) penyampaian cerita atau dongeng.
  • Mengembangkan kecerdasan berbahasa anak
Anak yang sedang menyimak dongeng secara otomatis juga akan memperhatikan kosa kata dan unsur-unsur bahasa lainnya yang terkandung dalam dongeng tersebut. Dengan demikian, kemampuan berbahasa mereka akan semakin meningkat.Dampak positif itu akan sangat terasa ketika anak-anak sudah dewasa. Tutur kata mereka akan sangat rapi, logis, dan memikat. Tidak hanya itu, mereka juga akan mampu menuliskan pendapat atau isi pikiran ke dalam tulisan yang teratur dan mudah dipahami.Kabarnya, Bung Karno sering dibacakan cerita/dongeng oleh ibundanya sewaktu beliau masih kecil. Ketika dewasa, presiden pertama RI itu pun menjadi orator ulung yang memiliki kecerdasan berbahasa yang tinggi.
  • Mengembangkan keterampilan berpikir
Saat sedang dibacakan dongeng, sang anak secara alamiah akan berpikir banyak hal tentang dongeng tersebut, mulai dari alur cerita, nama-nama tokoh yang muncul, masalah pelik yang terjadi, dan solusi yang diambil para tokoh dalam menyelesaikan masalah itu. Hal ini merupakan sarana yang cukup baik bagi anak dalam meningkatkan kemampuan berpikirnya.Seiring berjalannya waktu, si kecil mungkin akan sering bertanya saat didongengkan bila pikirannya menemukan hal-hal yang agak ganjil dalam dongeng tersebut atau buku anak lainnya. Hal ini merupakan pertanda bahwa pikirannya mulai berkembang.
  • Mengembangkan emosi
Alur cerita pada dongeng biasanya turun-naik. Kadang sang tokoh utama mendapat kemalangan, kadang juga begitu beruntung sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan cemerlang. Alur seperti ini dapat mengembangkan emosi anak secara alamiah, seperti empati, rasa prihatin, sedih, bahagia, ceria, peduli, dan lain sebagainya.
  • Menanamkan nilai moral dan etika
Ada banyak nilai moral yang bisa kita petik dari dongeng, misalnya kejujuran, kesetiakawanan, sifat rendah hati, pekerja keras, baik hati, suka menolong, dan lain sebagainya. Orangtua yang membacakan dongeng bisa menjelaskan dan mengajak anak untuk meneladani sifat baik sang tokoh utama, serta nilai-nilai moral yang mulia yang ada pada dongeng.Dalam kondisi yang rileks ketika sedang didongengkan, si kecil akan menyelami betul karakter baik para tokoh, serta periilaku positif yang muncul dalam dongeng yang dimaksud. Dengan demikian, mereka pun akan tumbuh dewasa sebagai pribadi yang hangat dan sangat paham akan nilai moral dan etika yang berlaku di masyarakat.
  • Mempererat ikatan emosional dengan orangtua
Ketika mendongengi anaknya yang hendak tidur, maka orangtua sedang berada dalam suasana yang sangat akrab dengan anaknya tercinta.
Secara fisik dan emosi, mereka begitu dekat. Apalagi ditambah dengan suasana malam yang hening dan tenang, maka aktivitas itu semakin meninggalkan kesan yang mendalam di antara keduanya. Akhirnya, ikatan emosional anak dan orangtua pun semakin kuat.
  • Relaksasi/hiburan
Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orangtua bisa menjadi ajang relaksasi yang sangat menghibur bagi anak. Hiburan itu bahkan tidak kalah dibanding acara favorit si Kecil di televisi.Setelah menjalani hari yang mungkin melelahkan, si Kecil jelas membutuhkan istirahat. Dan, istirahat mereka akan semakin sempurna melalui hiburan dongeng yang dibacakan oleh orangtua.Ketika bangun di pagi hari, semangat si Kecil akan pulih kembali, dan bahkan akan semakin kuat karena malam harinya telah mendapatkan hiburan yang sangat istimewa dari orangtuanya.


Share this:

Enter your email address to get update from Dunia Ibu dan Anak.

2 comments

Bunda...cek koleksi qu yu??

DISCOUNT 30%

M 19
Warna : Ungu Anggur dan Kuning Coklat
Ready Size : S, M, L, XL, XXL
Bahan : Adem dipake nya

Ayooooo Di order sebelumm kehabisan stokk!!
Come on Reseller..

CS1 : melia=> sms/wa 0896 5741 9604 / Pin 74E97B23

MAU BISNIS 0 MODAL???PM yuks (SERIUS)

Happy Shoping guys,,thankyu... :)

makasih infonya...
bermanfaat sekali

Leave your comments

Copyright © 2015. Dunia Ibu dan Anak - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger