peluang usaha oriflame

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak
Kesehatan gigi wajib diperhatikan. Apalagi jika menyangkut kesehatan gigi anak. Tentu saja Anda tak ingin anak Anda mengalami sakit gigi yang begitu menyiksa kan? Karena tentu saja anak-anak belum bisa menjaga kesehatannya sendiri. Jadi sudah menjadi tugas orang tua untuk mengajarinya.

Banyak sekali masalah gigi pada anak. Seperti misalnya gigi hitam, gigi keropos, atau berlubang. Mungkin awalnya hanya lubang kecil, tapi lama-lama gigi menjadi rusak dan habis. Kebanyakan orang tua mengira, hal ini tak penting, karena toh masih gigi susu. Tapi itu salah. Kesehatan gigi anak harus dirawat sejak baru tumbuh. baca juga : Pentingnya merawat kesehatan gigi anak

Sakit gigi pada anak, disebabkan karena kurangnya kalsium yang menyebabkan gigi tidak kuat. Selain itu, factor makanan juga mempengaruhi. Anak-anak biasanya senang mengkonsumsi permen, susu atau sesuatu yang manis-manis tanpa membersihkan giginya. Sisa makanan yang tertinggal ini kemudian menjadi kerak, dan sarang kuman. Gigi perlahan menjadi rusak.

BAGAIAMANA CARA MENJAGA KESEHATAN GIGI ANAK YANG TEPAT?


  • Ajari sikat gigi sebelum tidur
Ajak anak anak untuk menggosok giginya sebelum tidur. Awalnya pasti akan terasa sulit. Tapi Anda tak boleh menyerah. Sedikit paksaan pada awalnya atau hadiah kecil dapat membantu.

  • Hindari minum susu tepat sebelum tidur
Orang tua biasanya memberikan susu pada anak saat akan tidur. Tujuannya agar anak cepat tertidur. Tapi sebenarnya ini salah. Hindari kebiasaan memberikan susu tepat akan tidur. Karena susu yang menggenang di mulut akan merusak email gigi. Kalau anak Anda harus minum susu sebelum tidur, usahakan minum air putih di saat terakhir sebelum tidur. Atau ganti susu nya menjadi air putih.

  • Hindari dot dan empeng
Kebanyakan dot dan empeng dapa merusak kesehatan gigi anak. Apalagi jika setiap saat mulutnya penuh dot dan empeng. Selain merusak gigi, hal ini juga tidak sedap dilihat bukan?

  • Jauhkan dari permen
Batasi mengkonsumsi permen, atau kalau bisa larang sama sekali. Ajari anak Anda untuk berkumur setelah makan permen. Hal ini brguna agar sisa-sisa manis pada permen tak tertinggal di gigi anak.

  • Rutin Periksa ke dokter Gigi
Periksakan gigi anak ke dokter gigi secara rutin. Setiap 6 bulan sekali seperti saran para dokter gigi.

Lakukan tips di atas untk menjaga kesehatan gigi anak. Sebelum anak-anak mengalami sakit gigi yang menyiksa.
1 Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak"

Terimakasih infonya sangat bagus dan bermanfaat..
obat tipes untuk anak

Leave your comments

Back To Top