peluang usaha oriflame

Mengobati Sariawan Secara Alami

Mengobati Sariawan Secara Alami

Salah satu penyakit mulut yang umum terjadi adalah sariawan.  Meskipun bukan penyakit yang mematikan, namun menderita sakit sariawan amat sangat mengganggu.  Penderita sariawan akan merasa kesulitan ketika ingin mengunyah makanan karena makanan akan menyentuh daerah yang luka akibat sariawan dan rasanya sangatlah perih.

TIPS MENGOBATI SARIAWAN

Sebelum kita mencoba mengobati sariawan, ada baiknya kita ketahui masalah sariawan itu sendiri.

Faktor Penyebab Sariawan

Sariawan disebabkan oleh berbagai hal, seperti kurang nutrisi seperti zat besi, vitamin C dan vitamin B12. Atau dari ketidak sengajaan seperti terkena sikat saat menggosol gigi atau seseorang yang bagian mulut atau lidahnya tidak sengaja tergigitpun akan mengalami sariawan.

Bahkan, beberapa jenis makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya sariawan. Misalnya saja kacang almond, buah pinang atau buah-buahan yang mengandung zat asam yang cukup tinggi.

Dalam mengobati sariawan, sebenarnya tidak diperlukan obat. Gunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya.

Cara mengatasi sariawan

  • Menggunakan garam dan baking soda
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan garam dan baking soda. Caranya sangatlah mudah. Cukup buat pasta yang berbahan garam dan baking soda yang dicampur dengan sedikit air kemudian dioleskan pada bagian yang terdapat luka sariawan selama 10 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin.
  • Menggunakan kunyit
Cara yang kedua bisa menggunakan bubuk kunyit. 1 sendok teh gliserin dicampur dengan bubuk kunyit hingga berbentuk pasta kemudian dioleskan pada bagian yang terkena sariawan.
  • Menggunakan  madu dan minyak kelapa
Selain kunyit dan garam, ada juga cara-cara lainnya yang relatif lebih mudah. Misalnya dengan mengoleskan madu yang dicampur dengan minyak kelapa. Sifat anti bakteri pada minyak kelapa akan membantu mengobati sariawah. Jika tidak ada minyak kelapa, menggunakan madu saja juga tidak apa-apa.
  • Menggunakan daun kemangi, daun jambu biji dan daun jambu air
Berbeda dengan yang lain, mengobati sariawan dengan dedaunan cukup dikunyah atau ditumbuk halus. Untuk daun kemangi dan daun jambu biji, daun cukup dikunyah kemudian dikumur-kumurkan. Daun yang diperlukan cukup 4 sampai 5 lembar. Sedangkan untuk kulit jambu air harus ditumbuk sampai halus dan dicampurkan air matang. Baru setelah itu bisa digunakan untuk berkumur.

Tips dan Cara Mencegah Sariawan

Sebelum Anda mengalami sariawan, sebaiknya Anda mencegah terjadinya sariawan. Bagaimanapun mencegah lebih baik dari pada mengobati. 

Cara mencegah sariawan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan zat besi. Diantaranya adalah sereal, biji wijen, brokoli, telur, gandum, kalkun, dan ham.

Selain dapat mengatasi sariawan, makanan-makanan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi juga buah tomat, baik dengan cara dikonsumsi langsung atau ditempelkan pada bagian yang terkena sariawan karena tomat mengandung vitamin C.

Demikian cara mengobati sariawan secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat.

sumber : wanitakita
cream pemutih yashodara
0 Komentar untuk "Mengobati Sariawan Secara Alami"

Leave your comments

Back To Top