peluang usaha oriflame

Tips Mengatasi Anak yang Susah diatur

susah diatur
Mengatasi anak yang susah diatur memang bukan pekerjaan gampang.Bahkan tak jarang para orang tua sampai pusing dibuatnya.Jadi,bagaimakah seharusnya para orang tua menyikapi hal ini?

Ada berbagai kemungkinan yang menyebabkan anak sulit diatur.Misal :

1.Cari perhatian
Bisa jadi karena dia merasa kurang diperhatikan oleh Anda sebagai orang tuanya,anak-anak melampiaskannya dengan membangkang perintah Anda.Tentu saja hal ini akan membuat anda jengkel dan 'sesaat' memperhatikannya.

2.Power Seeking
Maksudnya adalah anak ingin menang dari ortunya.Tujuannya agar keinginannya dipenuhi.Misalnya dengan mengancam orang tua.Bisa jadi ini terbentuk karena orang tua yang suka mengancam dulu.Dalam hal ini orang tua tidak boleh kalah.Harus bisa mengendalikan anaknya.tapi tidak boleh secara diktator :)

3.Balas Dendam
Bisa saja pembangkangan yang dilakukan anak adalah hasil dari rasa sakit yang diakibatkan orang tuanya. Sering dimarahi atau bahkan disiksa.

4.Putus Asa dan tidak percaya diri
Anak yang sering dimarahi,sedikit-sedikit dikritik atau dikatai bodoh dsb akan menjadi anak yang tidak percaya diri dan berusaha menutupinya dengan melawan.

Jadi,bagaimana mengatasi anak yang susah diatur dan pembangkang?Ada beberapa hal yang perlu dilakukan:
1.Rubah sikap anda dan beri contoh yang baik kepada anak
2.Jangan mudah marah kepada anak.Nasehati dengan halus dan jangan membentak-bentak
3.Cukup cela perilakunya tetapi jangan cela dirinya
4.Buat aturan bersama anak dan konsekuensinya
5.Bersabarlah ketika anak melakukan kesalahan yang sama berkali-kali
6.Jangan bilang 'jangan' tetapi rubah kata-kata Anda menjadi sebuah anjuran
7.Beri pujian yang tulus saat dia meraih suatu prestasi atau berbuat baik

Semoga artikel ini membantu Anda mengatasi anak yang sulit diatur.

1 Komentar untuk "Tips Mengatasi Anak yang Susah diatur"

agak susah juga ya. apalagi saya ortu pemula anak saya baru usia 3th dan kadang agak bandel tidak mendengar kata ortunya saya jadi marah .sulit sekali untuk tidak marah walau saya mengerti harus mengesampingkan ego saya.anak2 sangat tidak patut untuk menerima kemarahan kita. saya sadar betul tp pas anak bikin salah saya pun marah dengan teriak2 gak pantes jadi lupa diri. ingin jadi ortu yg sabar gimana caranya ya. saya juga berusaha menahan amarah.

Leave your comments

Back To Top