peluang usaha oriflame

Mendidik Anak agar Menjadi Anak Mandiri

Anak yang Mandiri merupakan idaman semua orang tua.Namun,untuk mendidik anak agar menjadi pribadi yang mandiri tidaklah mudah.Perlu usaha ekstra untuk membentuknya. Untuk itu,pendidikan sejak usia dini sangat diperlukan.Sikap mandiri dapat dibiasakan dari kecil.Misalnya memakai pakaian sendiri, memasang tali sepatu, memakai kaos kaki dan berbagai pekerjaan kecil lainnya. Dalam mendidik anak,terkadang orang tua menemui kesulitan dalam mengatur tingkah lakunya.Ada kalanya anak-anak tidak mau menuruti perintah orang tuanya.(baca ulasannya di mengatasi anak yang susah diatur) Jadi lebih susah untuk mendidiknya menjadi mandiri.

Mendidik anak agar mandiri,tidak lepas dari sikap kita sebagai teladan baginya.Jadi biasakan untuk memberi contoh yang baik.Misalnya dengan melakukan sendiri hal-hal sekecil apapun itu.Kecuali terpaksa.

Selanjutnya adalah memberi pujian kepada tindakan bagus anak sekecil apapun itu.Tujuannya agar anak merasa dihargai dan berusaha lebih baik lagi.Jangan mencela dan melarangnya melakukan sesuatu ketika dia ingin melakukannya.Kecuali tindakan itu memang benar-benar harus dilarang.

Dengan demikian semoga anak pun menjadi lebih mandiri.


1 Komentar untuk "Mendidik Anak agar Menjadi Anak Mandiri"

Leave your comments

Back To Top