peluang usaha oriflame

Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

menjaga kesehatan anak saat hujan
Menjaga kesehatan anak saat musim hujan menjadi hal yang perlu diperhatikan.Apalagi jika ternyata anak kita rentan penyakit.Banyaknya penyakit "musim hujan" seperti demam,flu dan pilek yang gampang menular membutuhkan penangkal berupa daya tahan tubuh yang OK.

Jadi bagaimana kita harus menjaga kesehatan anak kita?Ada beberapa kiat yang bisa dilakukan.Berikut ulasannya.

1.Perhatikan pakaian anak.
Pakaikan baju, topi, sarung tangan, kaos kaki dan sepatu hangat pada bayi dan anak-anak ketika sedang melakukan kegiatan di luar rumah.
Disarankan untuk memakaikan lapisan pakain yang lebih tebal pada bayi dan anak kecil daripada orang dewasa dalam kondisi cuaca yang sama.Pemakaian selimut tebal dan bantal, kadang dapat menyebabkan Sindrom Kematian Bayi Mendadak sehingga dianjurkan untuk memakaikan baju berbentuk piyama hangat untuk bayi

Jika memang terpaksa harus menggunakan selimut, maka tepi selimut harus diselipkan di kasur, sehingga dapat dipastikan selimut hanya menutupi dada bayi dan tidak dapat menutupi wajah bayi dan mengurangi resiko Sindrom Kematian Bayi Mendadak.

2.Cuaca dingin sebenarnya tidak menyebabkan pilek atau flu. Tapi virus yang menyebabkan pilek dan flu cenderung lebih banyak muncul di musim penghujan atau udara dingin. Sehingga biasakan anak untuk menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup serta mencegah penyebaran pilek dan flu dengan selalu mencuci tangan, memakai masker dan membuang bekas tisu setelah bersin atau batuk ke tempat sampah dengan baik.
Nutrisi yang cukup, sesuai dengan usia, berat badan dan aktivitas anak anda akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

3.Tetapkan batas waktu yang wajar untuk bermain di luar rumah pada musim penghujan untuk mencegah hipotermia. Mintalah anak-anak untuk kembali secara periodik pada waktu tertentu untuk menghangatkan badan

4.Mengantar anak-anak ke sekolah dengan perlengkapan hujan yang tepat. Memiliki payung, jas hujan, dan sepatu bot hujan adalah suatu keharusan bagi anak-anak Anda selama hari-hari hujan untuk melindungi mereka dari hujan dan genangan air hujan yang mengalir di jalan-jalan, yang sangat mungkin terkontaminasi dengan berbagai bakteri.

5.Mengosongkan atau menutup wadah air. DBD (Demam berdarah Dengue) disebabkan adanya nyamuk berkembang biak di genangan air. Itulah mengapa perlu untuk mengosongkan atau menutupi wadah air di sekitar rumah untuk mencegah nyamuk berkembang biak di dalamnya, sehingga menurunkan risiko anak-anak Anda digigit.

6.Pastikan anak-anak Anda hanya minum air bersih. Sejumlah penyakit, seperti diare dan kolera, yang disebabkan oleh asupan air yang terkontaminasi. Selalu pastikan bahwa anak-anak minum air yang bersih dan aman untuk menghindari infeksi dan tertular penyakit dari bakteri udara.

7.Membimbing dan mengajari anak-anak mencuci tangan yang benar dapat membantu melindungi mereka dari kuman dan infeksi virus ditularkan melalui kontak dengan orang yang terinfeksi.

8.Carilah saran dari dokter tentang vaksinasi untuk anak-anak Anda. Bawa anak-anak Anda ke dokter dan mencari rekomendasi untuk mendapatkan vaksinasi yang tepat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka terhadap penyakit anak pada umumnya. 

Tips-tips diatas hanya sebagian dari cara menjaga kesehatan anak.Tidak ada salahnya kita berhati-hati terhadap kesehatan anak.Semoga tips menjaga kesehatan anak saat musim hujan di atas dapat bermanfaat.
4 Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan"

terima kasih banyak informasinya

Jangan lupa tingkatkan kekebalan tubuh anak dengan memberikan makanan sehat dan seimbang. Memberikan suplemen peningkat kekebalan tuhuj juga bermanfaat lho.. apalagi dimusim ujan dimana anak sering kena ujan :)

terimakasih tipsnya sangat membantu sekali gan

Leave your comments

Back To Top